Berita
Oleh Emka Abdullah pada hari Rabu, 19 Agu 2015 - 07:58:15 WIB
Bagikan Berita ini :

Kata Anggota MPR Ini, Peringatan Hari Konstitusi Tak Cukup Hanya Seremonial Saja 

61P_20150523_101542.jpg
Dailami Firdaus (kiri) (Sumber foto : Emka Abdullah)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Setiap tanggal 18 Agustus bangsa Indonesia memperingati Hari Konstitusi. Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, memperingati Hari Konstitusi di gedung parlemen dengan seremoni dan seminar yang diisi pidato Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dan mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri.

Anggota MPR RI yang juga anggota DPD RI dari daerah pemilihan DKI Jakarta Dailami Firdaus menyatakan, memperingati Hari Konstitusi tidak cukup hanya dengan seremonial saja.

"Yang lebih penting dari seremoni adalah bagaimana mengaplikasikan nilai-nilai konstitusi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," tegas Dailami dalam pesan elektronik yang diterima TeropongSenayan, Selasa (18/8/2015).

Dailami menilai, saat ini tidak sedikit pihak-pihak yang mencederai makna konstitusi untuk kepentingan pribadi dan golongan. Padahal, lanjutnya, konstitusi seharusnya dipakai untuk melindungi dan menciptakan rasa keamanan dengan tujuan akhir untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Dailami melihat cita-cita luhur bangsa Indonesia sebagaimana tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 saat ini hanya menjadi sebuah tontonan parodi di dalam tatanan kenegaraan. Karena banyak kebijakan yang dibuat oleh pejabat pemerintah pusat maupun kepala daerah Justru inskonstitusional dan melenceng dari cita cita para pejuang kemerdekaan.

"Kebijakan yang demikianlah yang saya sebut sebagai bentuk pengingkaran terhadap konstitusi," terangnya.

Tokoh Betawi ini mengharapkan agar peringatan Hari Konstitusi ini menyadarkan para pejabat dan penyelenggara negara untuk mengamalkan konstitusi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.(yn)

tag: #hari konstitusi  #mpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Soal Wacana Pembentukan Presidential Club, Barikade 98 Sebut Hanya Gimmick Politik 

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 08 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pembentukan Presidential Club yang diusulkan Prabowo Subianto dianggap hanya sebagai gimmick politik. Bahkan menjadi bentuk ketidakpercayaan diri sang presiden terpilih ...
Berita

Konsisten Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan Lewat TJSL, Bank DKI Raih Penghargaan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Langkah aktif Bank DKI dalam mendukung Pembangunan Berkelanjutan lewat Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility (CSR) kembali ...